Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Kamis, 10 Juli 2014

Ini salah satu duet virtual game anime yang saya sukai. Keduanya sama-sama berbicara soal dunia virtual dan sama-sama punya cerita romantis. Ini mengingatkan saya sewaktu tahun 2012 kemarin dimana Accel World (AW) dikala itu adalah anime musim semi, sedang Sword Art Online (SAO) adalah anime musim panas.


Kedua anime ini berasal sama-sama dari adaptasi light novel yang juga sama-sama ditulis oleh Kawahara Reki yang diserialisasikan oleh Dengeki Bunko.

Kesimpulan saya untuk anime AW dan SAO yaitu, adalah konsep ceritanya yang menarik. Pada AW terdapat Brain Burst, dunia dengan percepatan dimana 1 detik dunia = 16 menit dalam dunia tersebut serta pembagian dunia berdasarkan warna karakter. Para pemain dalam dunia ini disebut dengan Burst Linker.


Dalam cerita ini, dunia telah memasuki tahun 2046 dan dunia semuanya telah di kontrol dengan sistem komputer. Anak-anak telah di pasangkan/tanamkan Neuro Linker (seperti PC yang muncul pada pandangan jika digunakan) sejak mereka lahir. Nah, pada Neuro Linker inilah diinstal yang namanya aplikasi Brain Burst untuk memasuki dunia tersebut. Didunia ini, penyalahgunaan Brain Burst yang berlebih menjadi masalah utama dari cerita ini.

Sedangkan dunia virtual yang dibuat oleh SAO hanyalah sebuah dunia game virtual - VRMMORPG (Virtual Reality Massively Multiplayer Online Role Playing Game) terdiri dari Sword Art Online - Aincrad dan Alfheim Online.


Didalam cerita ini, dunia telah memasuki tahun 2022 dan manusia masih hidup dengan cara-cara yang normal dan belum hidup lebih jauh dengan teknologi seperti AW. Untuk memasuki dunia game tersebut diperlukan alat yang bernama Nerve Gear yang mampu menganalisis tubuh kita melalui otak sehingga karakter yang di dalam game mirip dengan kita sendiri di dunia nyata. Ada lagi teknologi yang terbarukan dari Nerve Gear, namanya Amusphere yang juga fungsinya sama dengan Nerve Gear.

Untuk adventure nya sendiri, AW lebih baik dibandingkan dengan SAO karena cerita AW lebih kepada raja hitam yang ingin mengalahkan pembuat dari game tersebut. SAO lebih kental kearah romansa nya. Untuk arc pertama (SAO) saya tidak melihat tujuan yang jelas dalam ceritanya hanya sekedar keren. Untuk arc kedua (ALO) memang punya tujuan yang jelas, tapi malah terkesan adventurenya itu gak kerasa karena tertutupi oleh perasaannya kepada heroine melulu.

Kelebihan sendiri dari SAO dibandingkan AW yaitu backsound nya yang lebih kerasa, meskipun AW juga punya suara-suara yang keren, tetapi saya rasa itu tidak lebih baik dari SAO. Juga untuk OST baik itu OP dan ED, punya SAO juga lebih greget dibandingkan dengan AW.

Karakter utama (MC) pada AW bernama Arita Haruyuuki yang digambarkan sebagai seorang cowo penakut yang bahkan menghina fisiknya sendiri. Ia punya tubuh mungil dan gemuk, lemah, dan suka jadi pesuruh. Tokoh seperti ini cocok sekali jadi karakter utama, meski sepertinya kisah cintanya dengan heroine ini sangat cocok menurutku kurang cocok karena punya perbedaan fisik yang sangat berbeda. Sedangkan sang heroine bernama Kuroyukihime yang digambarkan sosok perempuan yang sangat ideal untuk tiap laki-laki. Punya sifat yang cool dan bisa berfikir matang untuk menentukan keputusan. Inilah mengapa sang MC merasa aneh saat sang heroine menembaknya. Saa... ^^

Pada SAO, hero nya bernama Kirito (nama online) - Kirigaya Kazuto (nama asli), digambarkan sebagai pria yang normal-normal saja dengan kekuatan yang tidak normal. Kirito bisa mengalahkan musuh-musuhnya hanya dalam sekali tebas. Kondisi ini mengakibatkan setiap pertarungan selalu berat sebelah. Namun sedikit berbeda ketika ia melawan para boss, pertarungan akan menjadi sedikit sengit tapi tetap saja saya kurang puas karena pertempurannya terlalu singkat, berbeda dengan AW yang bisa saya nikmati tiap pertarungannya. Sang heroine disini bernama Asuna (nama online) - Yuuki Asuna (nama asli), juga digambarkan mirip dengan Kuroyukihime sama-sama cantik dan ideal buat laki-laki, akan tetapi sifat Asuna lebih kekanakan dan pencemburu.

Meski begitu saya menikmati tiap suguhan romance sci-fi yang sensei Kawahara buat ini. Semoga pembaca juga menikmati kedua anime ini seperti saya ^^.

Sekarang, SAO 2 sedang airing dan buat AW 2 sudah dapat kabar dari sensei Kawahara akan dibuat jika Sunrise sedang tidak sibuk (sibuk gara-gara Love Live 2). Kita tunggu bersama.

// Copyright © OTAKU LIFE //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //