Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Sabtu, 20 Juni 2015

Kali ini saya akan membagikan data yang berbentuk power point dengan materi PTM dan Alat Berat. Pemindahan tanah mekanis adalah segala macam pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan penggalian (digging), pemuatan (loading), pengangkutan (hauling), penimbunan (dumping), perataan (spreading and leveling) dan pemadatan (compacting) tanah atau batuan dengan menggunakan alat-alat mekanis (alat-alat berat). Alat berat adalah mesin berukuran besar yang didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah (earthworking) dan memindahkan bahan bangunan.

 
Bagi teman-teman yang membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) terutama tentang proyek jalan tidak mungkin tidak teman-teman pasti butuh sekali dengan perhitungan alat berat terutama untuk mencari Produksi Kerja Aktual Alat karena proyek jalan tidak akan lepas dari bagaimana kita melakukan pemindahan tanah yang dilakukan oleh alat berat. Produksi Kerja Aktual (PKA) Alat ini adalah kemampuan suatu alat dalam melaksanakan produksi kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing untuk setiap satu jam. Oleh karena itu PKA alat ini biasanya memiliki satuan meter kubik perjam, liter perjam ataupun meter persegi perjam.

Untuk mendapatkan PKA suatu alat berat kita terlebih dahulu menentukan jenis mesin yang dihitung, beserta spesifikasinya. Setelah itu, barulah kita menghitung kapasitas aktual / kemampuan alat tersebut dilanjutkan dengan perhitungan waktu alat berat untuk membuat satu siklus dalam satuan jam per siklus yang pada akhirnya kita akan mendapatkan jumlah siklus perjam. Setelah itu dilanjutkan kembali menghitung produksi kerja kasar serta produksi kerja aktual. Efisiensi kerja untuk orang Indonesia adalah 50menit/60menit alias 0,83 dimana efisiensi kerja untuk orang-orang luar negeri yang sudah canggih bernilai 60menit/60menit alias 1. Sebenarnya dari segi ini saja kita sudah mengetahui bahwa di luar negeri pekerjaan sangat efektif serta tidak membuang-buang waktu untuk bekerja dimana waktu kerja adalah waktu untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan waktu istirahat adalah waktu yang benar-benar digunanakan untuk beristirahat.

Oke langsung saja tanpa basa basi berikut saya bagikan saja contoh-contohnya. Credit untuk dosen Politeknik Negeri Sriwijaya Teknik Sipil D3 bapak Drs. A. Fuad Z. yang telah mengajarkan materi ini.

1. Materi Dasar Alat Berat
2. Analisis Tenaga Alat Berat
3. Analisis Operasi Alat Berat
4. Analisis Produksi Excavator
5. Produksi Kerja Dumptruck
6. Produksi Kerja Wheel Loader
7. Produksi Kerja Track Loader
8. Produksi Kerja Bulldozer
9. Produksi Kerja Ripper

tambahan
- faktor koreksi bulldozer
- faktor isi wheel loader
- waktu khas scraper
- kecepatan motor grader
- koreksi waktu wheel loader
- faktor konversi tanah


One Response so far.

  1. Unknown says:

    mas, dapatkah sy dikirimkan file PPtnya. sy download tdk bisa

// Copyright © OTAKU LIFE //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //