Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Selasa, 07 Januari 2014

 Pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu subtitle. Bagi teman-teman sekalian yang sering menonton film-film luar negeri seperti movie atau anime pastilah sering sekali menemui tulisan di bawah atau di atas layar film tersebut. Ya, itu dinamakan subtitle.

Subtitle digunakan sebagai program yang membantu para penonton untuk memahami apa yang dibicarakan di dalam film tersebut. Bahasa yang bukan bahasa sehari-hari kita tidak dapat kita cerna secara langsung tanpa bantuan subtitle. Mungkin, kita cuma bisa bengong ketika adegan-adegan seru atau obrolan yang menarik tanpa adanya subtitle.

Pada tahap pembuatannya, pertama-tama para subtitler menerjemahkan dahulu dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Tentunya para subtitler harus memiliki kemampuan bahasa asing yang cukup mumpuni untuk dapat menerjemahkannya. Kedua, Subtitle dimasukkan ke dalam video atau tontonan yang akan dibuat subtitle-nya dengan jenis-jenis program yang entah apa namanya. Mereka juga mengatur timing agar subtitle menjadi cocok saat adegan yang membutuhkan subtitle berlangsung.

Mungkin bagi kita yang awam, membuat subtitle bisa dibilang sulit. Sedangkan bagi para yang sudah ahli, membuat subtitle bahkan sudah dibilang hal yang gampang.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari kita menonton film asing yang sudah bersubtitle.

1. Memudahkan dalam menikmati tontonan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, subtitle memiliki fungsi utama sebagai program yang mempermudah kita dalam menonton film asing.

2. Membuat kita dapat belajar bahasa asing dengan mudah
Ini merupakan efek yang sangat terasa bagi kita para penonton. Mengapa bagi orang yang sering menonton anime dengan mudahnya bisa belajar bahasa jepang? Jawabannya adalah karena kita terbiasa mendengarkan ucapan sekaligus arti yang dibicarakan di dalam film. Jadi, cara tercepat kita dapat belajar berbahasa asing yaitu dengan melihat dan mendengar secara langsung apa yang sedang diperbincangkan. Ini merupakan konsep yang kini mulai diterapkan di dalam dunia pendidikan. Kursus hanya akan merubah sebagian kecil skill kita dalam berbahasa asing, dan menonton atau mendengar-lah yang akan merubah sebagian besar kemampuan kita untuk berbahasa asing.

Terkadang manfaat yang besar oleh subtitle sering kita tidak sadari, tapi efeknya sangat besar bagi kita. Berterima kasih lah kepada para subber-subber Indonesia, karena mereka-lah yang membuat kita memahami dan memaknai bahasa asing.

Berikut subber-subber anime Indonesia favorit saya, jika ingin mendownload anime subtitle Indonesia, anda dapat masuk ke sini dan mencari sendiri apa yang akan ditonton. Saya dapat jamin, subtitle buatan mereka tidak akan menyimpang dari arti yang sebenarnya.

Thanks to subber-subber dibawah ini, karena mereka saya bisa menikmati anime yang saya tonton dengan Bahasa Indonesia :)

AWsubs
Alibabasubs
AnimeIndo
Soukisubs

// Copyright © OTAKU LIFE //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //